genset
Genset

Mengatasi Genset Solar Yang Susah Hidup Akibat Masuk Angin

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana mengatasi genset yang susah dihidupkan, namun sebelumnya ada baiknya anda mengetahui penyebab genset solar masuk angin. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Mengetahui penyebab genset solar masuk angin

Ada beberapa hal yang membuat genset berbahan bakar solar atau diesel ini masuk angin. Diantara penyebabnya adalah sebagai berikut.

  • Udara yang masuk lewat saluran tangki dikarenakan kehabisan solar

Tahukah anda bahwa penyebab pertama genset solar masuk angin adalah ketika kondisi tangki bbm kosong atau dalam posisi yang sedikit. Hal seperti ini wajar terjadi ketika tidak ada lagi pasokan bbm di dalam tangki. Sehingga udara akan masuk dengan mudah ke dalamnya dan bukan hanya sedikit tetapi dalam volume yang banyak. Hasilnya ketika anda melakukan pengisian solar, maka mesin akan tetap sulit untuk dihidupkan. Saat masalah ini belum diatasi, maka proses start mesin menjadi sangat sulit. Ketika hal seperti ini terjadi kepada genset anda, maka jangan pernah memaksakan untuk terus distarter karena akan menghabiskan voltase baterai.

  • Pelepasan komponen selang/injektor bahan bakar

Ternyata injektor yang merupakan ujung tombak dari sistem bahan bakar diesel juga berpotensi menyebabkan genset solar masuk angin. Ketika terdapat error pada bagian injektor, maka secara otomatis anda perlu membukanya agar dapat dilakukan perbaikan. Ketika proses pelepasan injektor berlangsung, maka udara akan masuk ke dalam selang. Saat injektor dipasang kembali, tentunya udara akan terjebak di dalamnya.

Cara Mengatasi Genset Solar Yang Susah Hidup Akibat Masuk Angin

Untuk anda yang memiliki genset solar dan mengalami permasalahan genset yang susah dihidupkan karena masuk angin, maka anda bisa mengikuti berbagai petunjuk seperti pada pembahasan berikut ini.

  • Selalu pastikan bahwa solar yang terdapat pada tangki penampungan dalam keadaan yang penuh
  • Periksalah dengan baik semua saluran pipa solar yang akan menuju ke nozzle tidak terdapat kebocoran
  • Selanjutnya adalah mengendorkan baut nepel yang terdapat pada pompa sedimen memakai kunci pas 17 (dibuka)
  • Ketika baut nepel masih dalam keadaan terbuka (kendor), maka starter atau hidupkan genset kurang lebih selama 5 detik. Ulangilah beberapa kali hingga anda yakin jika angin telah keluar semua dari baut nepel yang telah dikendorkan tadi. Berilah jeda selama beberapa waktu supaya dinamo stater tidak terlalu panas.
  • Jika sudah, kemudian kencangkan lagi baut nepel nozzle
  • Anda bisa membersihkan cipratan dan tumpahan solar yang tersembur dari nozzle ketika membuang angin supaya tidak mengotori lingkungan sekitar

Bagaimana, mudah bukan untuk mengatasi genset solar yang masuk angin. Semoga pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *